7 Karakteristik Desain Rumah Minimalis

7 Karakteristik Desain Rumah Minimalis – Di zaman modern ini Desain Rumah Minimalis menjadi sangat diminati oleh sebagian besar orang karena desainnya yang kekinian, elegan, namun tetap tampak mewah. Biaya bangun rumah minimalis pun sangat beragam tergantung keinginan dan bisa disesuaikan dengan budget

Seiring dengan berjalannya waktu, desain rumah minimalis pun banyak mengalami perubahan, baik dari segi luas dan besarnya rumah, tatanannya, dan denah rumah yang berbeda-beda.. Tipe rumah minimalis pun juga bervariasi, ada yang tipe 21, 36, 54, dan 70.

Tidak sedikit orang yang masih bingung untuk bisa mengaplikasikan rumah minimalisnya secara apik. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui 7 karakteristik desain rumah minimalis apa saja yang ada di dalam  rumah tersebut. Di mana nantinya bisa diwujudkan oleh jasa bangun rumah borongan yang sudah Anda percayai.

Alasan Memilih Rumah Minimalis

Banyaknya orang yang lebih memilih rumah minimalis tentunya karena berbagai alasan yang membuat setiap orang merasa betah tinggal di dalamnya. Di mana rumah minimalis ini menawarkan kesehatan yang baik bagi penghuninya. 

Banyaknya bukaan di setiap ruangan, membuat interior rumah menjadi lebih leluasa dan tidak sumpek. Selain itu, penyediaan ventilasi yang banyak juga membuat sirkulasi udara menjadi lancar dan memudahkan sinar matahari yang masuk.

Selain itu, rumah ini juga minim akan debu dan kotoran. Karena disadari bersama bahwa desain rumah memberikan pengaruh pada kemunculan debu dan kotoran di dalam rumah. 

Bisa dibayangkan jika rumah memiliki perabotan yang berukir, maka bisa menjadi tempat menumpuknya kotoran. Jadi, Anda harus lebih sering membersihkannya. Namun, jika rumah Anda memiliki desain minimalis, maka kecil kemungkinan menjadi tempat berkumpulnya kotoran.

Kemudian, meskipun Anda membangun rumah dua lantai dengan menggunakan biaya bangun rumah minimalis 2 lantai, namun rumah minimalis tetap bisa memberikan bentuk yang sederhana dan mampu membuat Anda lebih tenang tinggal di rumah tersebut.

Selain itu dari sisi warna, di mana rumah-rumah yang bukan bergaya minimalis biasanya menggunakan warna yang tajam atau mencolok. Sehingga terkadang bisa membuat ruang di dalam rumah terasa gelap. Berbeda dengan rumah minimalis yang mayoritas menggunakan warna-warna netral. 

Meskipun ada warna yang mencolok, itu pun hanya diberikan dalam jumlah yang sedikit di bagian-bagian tertentu saja. Warna yang baik dari rumah minimalis diperoleh dari cahaya yang masuk ke rumah melewati celah jendela yang Anda ciptakan. Sehingga hal ini mampu membuat Anda terasa relaks.

Melalui alasan-alasan itulah yang akhirnya bisa menarik perhatian banyak orang untuk membangun rumah tersebut. Terutama bagi masyarakat kota yang akrab dengan kemoderenan dan kepraktisan. Sehingga, mereka tentunya juga mengharapkan hunian yang juga kekinian dan simpel. 

7 Karakteristik Desain Rumah Minimalis

Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh desain rumah minimalis sebagai panduan Anda untuk membangunnya bersama dengan jasa bangun rumah pilihan Anda. 

1. Tata Ruang Yang Sederhana

7 Desain Rumah Minimalis

Ciri khas dari rumah minimalis adalah bentuknya yang sederhana, meminimalkan dinding interior, denah lantai yang terbuka, tempat penyimpanan yang sederhana, serta adanya penekanan untuk keleluasaan pandangan. Namun, di balik kesederhanaan itulah, rumah minimalis ini justru tampak mewah dan elegan.

2. Warna Dinding Yang Bersih Dan Lembut

7 Desain Rumah Minimalis

Bisa Anda lihat pada dinding-dinding rumah minimalis, warna yang digunakan tidaklah terlalu mencolok. Jasa bangun rumah bekasi pun sudah pasti memahami dan siap membantu Anda untuk memadu padankan warna terbaik. Biasanya rumah minimalis lebih dominan menggunakan warna putih maupun warna abu-abu. 

Warna-warna inilah yang mampu memberikan kesan bersih, lembut, dan netral. Inilah menjadi pilihan warna terbaik yang mampu memberikan kekuatan pada desain rumah minimalis Anda. Selain warna tersebut, ada juga yang menggunakan warna lembut yang lain seperti cream atau warna kayu.

3. Minim Sekat Dan Pembatas Di Ruangan

7 Desain Rumah Minimalis

Diketahui bahwa biaya bikin rumah minimalis juga bisa diminimalkan. Hal ini karena rumah ini memiliki karakteristik yang minim sekat dan pembatas ruangan. Desain seperti ini karena rumah minimalis lebih memprioritaskan kepada efisiensi ruangan. 

Adanya sekat di dalam rumah dipandang hanya akan memberikan kesan yang sempit dan tidak terlalu bermanfaat. Anda bisa menjadikan satu ruang keluarga dan ruang makan dalam satu tempat dan bisa Anda sekat atau pisahkan dengan penataan perabotan. Jadi, interior rumah minimalis ini sangatlah simpel.

4. Mengoptimalkan Fungsi Jendela Kaca

Ciri khas lainnya dari rumah minimalis adalah penggunaan kaca. Biasanya rumah ini akan memasang jendela kaca yang berukuran besar. Tujuan dari penggunaan kaca yang besar dan luas dimaksudkan agar sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dan memberikan penerangan secara alami saat siang hari. Selain itu, ini juga baik untuk menjaga kelembaban di dalam rumah.

Dengan begitu, rumah minimalis bisa menjadi rumah yang sehat dan menekan biaya listrik Anda setiap bulannya. Anda memerlukan perkiraan biaya bangun rumah untuk pengelolaan anggaran secara lebih baik.

5. Meletakkan Perabotan Minimalis

Tampilan minimalis tidak hanya dari desain rumahnya saja. Tetapi juga dari perabotan rumah yang Anda gunakan. Perabotan yang digunakan pun tidak terlalu banyak dan benar-benar bisa dimaksimalkan fungsinya. Seperti sofa, rak, dan meja. Selain jumlah terbatas, perabotan ini juga memiliki ukuran yang tidak banyak memakan tempat. 

Sehingga nantinya semua perabotan yang Anda letakkan mampu untuk menonjolkan fungsi sementara tetap dengan menerapkan jarak yang dibuat minimal. Pastinya perabotan yang Anda gunakan juga disesuaikan dengan ukuran rumah Anda agar rumah tidak terlalu sempit jika kebanyakan perabotan. Untuk ukuran rumah minimalis ini, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada jasa bangun rumah bekasi.

6. Ruang Yang Bersih, Terbuka, Dan Terang

Keberadaan perabotan yang sedikit dan juga tanpa adanya sekat, maka ruang di dalam rumah pun akan tampak luas. Oleh karena itu, konsep rumah seperti ini menjadi solusi yang tepat untuk lahan sempit sekaligus berapa biaya bangun rumah minimalis pun juga bisa diminimkan.

Apalagi di perkotaan yang semakin hari semakin sulit mendapatkan lahan. Kondisi ruangan yang seperti ini mampu memberikan kenyamanan dan kehangatan untuk setiap aktivitas Anda bersama anggota keluarga di dalam rumah.

7. Eksterior Sederhana Tanpa Adanya Dekorasi

Karakteristik rumah minimalis mencakup semua bagian rumah tidak terkecuali adalah bagian eksterior rumah. Ada beberapa orang yang membangun rumah minimalis dengan rincian biaya bangun rumah yang sudah ditentukan dan menggunakan material bertekstur untuk bagian eksterior. Meskipun material yang digunakan bertekstur, namun rumah ini tetap mampu menampilkan unsur kesederhanaan tanpa Anda memberikan dekorasi.

Dengan banyaknya orang yang memiliki minat tinggi terhadap kepemilikan rumah minimalis, maka tentunya tidak ada keraguan bagi Anda yang hendak membangun rumah untuk turut mengikutinya. Karena hal ini bukan saja untuk mengikuti tren, tetapi mampu memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Anda bisa membangun rumah satu lantai maupun dua lantai dengan biaya borongan bangun rumah per m2 yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Kirim Pesan