Biaya Bangun Rumah Minimalis

Yuk Hitung-Hitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis

Rumah adalah aset yang paling berharga untuk setiap orang. Selain anda bisa membeli rumah yang sudah jadi, anda juga bisa kok membangun rumah impian, salah satunya adalah rumah minimalis. Namun untuk anda yang ingin membangun rumah sendiri, anda perlu menghitung berapa biaya bangun rumah minimalis yang harus dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Yuk bangun rumah minimalis

Untuk anda yang memilih membangun rumah minimalis, maka anda harus menghitung kebutuhan uang dalam membeli bahan-bahan bangunan, kemudian upah pekerja, dan sebagainya. Tentu saja hal ini harus di perhatikan dengan baik, karena membangun rumah minimalis dari nol bukanlah hal yang mudah. Nah, agar dapat membangun rumah impian, maka anda perlu menyesuaikannya dengan finansial anda. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah biaya yang perlu anda ketahui saat ingin membangun rumah minimalis. 

Upah tenaga kerja

Tahukah anda bahwa terdapat tiga sistem yang saat ini berlaku saat membangun rumah, ada sistem harian, borongan penuh, dan borongan jasa. Hitung-hitungan bayarannya pun berbeda-beda, lho. Untuk sistem harian, maka kisaran biaya per hari adalah Rp100-150 ribu. Sedangkan biaya borongan jasa per meter persegi adalah Rp600-800 ribu. Dan biaya borongan penuhnya untuk per meter persegi adalah berkisar Rp3-5 juta. Perlu diketahui bahwa untuk borongan jasa bangun rumah, maka yang harus dibayarkan hanya jasanya saja, bahannya harus anda sediakan sendiri.

Luas tanah hingga bangunan

Misalnya anda ingin membangun rumah minimalis 21/60. Hal ini berarti anda memerlukan 60 meter persegi tanah, dan harga tanahnya sekitar Rp2.000.000/m². Maka biaya yang harus disediakan dalam membeli tanah adalah = Rp2.000.000×60 = Rp120.000.000. Berikutnya adalah perkiraan biaya membangun bangunan, dari mulai pasir, batu bata, genteng, keramik, semen, dan sebagainya. Nah, untuk hal yang satu ini, maka sebaiknya anda bisa berdiskusi kepada kepala pekerja jika anda menggunakan sistem harian. Misalnya anda menggunakan sistem borongan penuh. Maka biaya yang harus dikeluarkan Rp3 juta untuk per meter persegi adalah = 21×3.000.000 = Rp63.000.000. Sehingga total biaya untuk membeli tanah hingga bangunan menggunakan sistem borongan penuh adalah Rp63.000.000 + Rp120.000.000 = Rp183.000.000. 

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan biaya lain-lain ketika dalam masa pembangunan, anda ingin melakukan beberapa perubahan. Hitunglah dengan baik berapa perkiraan biayanya. Tentu saja biaya ini harus dipersiapkan dalam anggaran. Nah, dari total anggaran yang anda miliki, maka anda bisa menetapkan sebesar 10% saja.

Nah, dari berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, tentunya biaya bangun rumah minimalis bisa saja berubah-ubah sesuai harga di pasaran, terlebih lagi pada bahan bangunan yang akan digunakan. Semoga bermanfaat!

Kirim Pesan