Your Wait Is Going To Finish

Sadiva Arsitek atau CV. Surya Digjaya Adigama adalah Penyedia Jasa Desain, Bangun & Renovasi Rumah Amanah. Menciptakan suatu konsep bangunan dengan harapan selalu memberikan keindahan pada rumah sesuai desain yang kami berikan untuk menjaga kepercayaan konsumen, sesuai dengan rincian rencana biaya yang di anggarkan.

  • Cikandang, Kertasari, RT. 09/RW. 03, Banjarharjo, Brebes.
  • +62 812 9735 5847

Berapa Biaya Bangun Rumah

Biaya bangun rumah

Berapa Biaya Bangun Rumah – Sebelum Hitung Berapa Biaya Bangun Rumah, Baca Ini Dulu!

Home » Berapa Biaya Bangun Rumah

Untuk menghitung berapa biaya bangun rumah, prosesnya memang tidak singkat dan membutuhkan pengetahuan mandasar. Meski begitu, Anda tak perlu cemas karena saat ini Anda bisa temukan banyak panduan dan tips untuk membantu Anda menghitung biaya bangun rumah, lho!

Contohnya ada di ulasan berikut ini, yang membahas rangkuman 5 langkah mudah untuk menghitung besar biaya untuk membangun rumah sendiri. Simak info lengkapnya di bawah ini dan selamat membaca!

  1. Hitung luas lahan. Pertama, Anda perlu hitung dulu luas lahan tempat rumah akan dibangun. Agar hitungan Anda akurat, pastikan lahan sudah bersih, ya! Artinya, tidak ada objek yang menghalangi seperti semak-semak, tumpukan batu, pepohonan, atau bahkan sampah. Ukur luas tanah dari panjang dan lebarnya, lalu buat sketsanya di atas kertas.
  2. Hitung biaya desain rumah dan arsitek. Desain rumah yang benar tidak bisa Anda lakukan asal-asalan, lho! Kecuali Anda memang seseorang yang menguasai bidang konstruksi bangunan dan desain rumah seperti arsitek atau kontraktor, pastikan Anda menyerahkan tugas membuat desain rumah hanya pada jasa bangun rumah yang profesional. Meskipun ada biaya jasa ekstra yang perlu Anda bayarkan, hasilnya dijamin akan benar-benar memuaskan dan berkualitas. Nah, jasa arsitek untuk desain rumah ini biasanya didasarkan pada harga per meter bangunan atau persentase dari anggaran budget bangun rumah yang disiapkan.
  3. Hitung biaya material bangunan rumah. Pastinya, semua material bangunan yang dibutuhkan untuk membangun hunian idaman Anda wajib diperhitungkan pula dalam menentukan berapa biaya bangun rumah. Meskipun proses ini sebenarnya akan dikerjakan oleh kontraktor, Anda juga bisa hitung sendiri untuk membantu Anda menentukan budget material bangunan, kok.
  4. Hitung upah tenaga kerja (tukang). Meskipun Anda menggunakan jasa kontraktor dan bukannya jasa tukang borongan, upah tenaga kerja juga tetap wajib Anda perhitungkan. Nah, harganya sendiri berbeda-beda karena berbagai faktor, dan salah satu faktor penentu utamanya adalah kota tempat Anda tinggal serta lokasi di mana rumah akan dibangun.
  5. Siapkan biaya lain-lainnya. Pada dasarnya, Anda sudah dapat memperhitungkan tiga komponen biaya utama pada langkah-langkah sebelumnya: biaya kontraktor dan arsitek, biaya material, dan biaya tenaga kerja. Tapi, apakah itu saja sudah cukup? Ternyata tidak, karena Anda juga wajib perhitungkan biaya lain-lain yang wajib diantisipasi. Contohnya kenaikan harga material, biaya untuk perubahan yang Anda inginkan di tengah pekerjaan bangun rumah, dan sebagainya. 

Besarnya biaya lain-lain ini biasanya dihitung berdasarkan persentase total biaya utama yang sudah Anda hitung, dengan aturan umumnya adalah sebesar 10%. Jadi, semisal estimasi biaya utama adalah Rp 500 juta – artinya, Anda perlu alokasikan minimal Rp 50 juta untuk biaya lain-lain.

Baca Juga : Jasa Bangun Rumah Jakarta

Profile Pic
Project Sadiva

Related Blogs

Jasa Gambar Rumah Bekasi dan Sekitarnya
Tips Mencari Jasa.

Bagi Anda yang akan membangun rumah, pastinya Anda akan membutuhkan bantuan dari jasa gambar rumah untuk membuat desain rumah yang Anda ingin..

Read More
biaya bikin rumah minimalis
Biaya Bikin Rumah.

Biaya Bangun Rumah Minimalis, berikut Tips hematnya - Tentu saja biaya dalam membangun rumah minimalis yang harus dikeluarkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan.

Read More

Leave Your Comment

Kirim Pesan